Sabtu, 06 September 2008

DESKRIPSI MATA KULIAH PPs 607 ISU ISU KRITIS DALAM PENDIDIKAN

Dosen : Prof Dr Sucipto & Dr Rozi A Sabil
1. Tujuan :
Mahasiswa mempunyai kesadaran akan berbagi masalah dalam filosofi, teori, riset dan praktek dalam memfungsikan sistem pendidikan nasional untuk merealisasikan cita cita proklamasi. mahasiswa mampu secara aktif memilah milah masalah masalah tersebut melalui penyigian (kontemplasi) sehingga ditemukan issue yang kritis untuk dikaji secara mendalam baik secara kelompok maupun perorangan.
2. Evaluasi:
a. Mahasiswa dievaluasi atas 5 jenis performance-nya:
1) Test Pertengahan Semester 20%
2) Test Akhir Semester 30 %
3) Tugas dan Presentasi Kelompok 20 %
4) Position paper perorangan 25%
5) Peratisipasi & Kehadiran 5 %
b. Nilai Akhir
1) 85-100 A
2) 75-84 B
3) 65-74 C
4) Less 65 F (gagal)
3.Prosedur Perkuliahan:
a.Pertemuan Pertama Kuliah:
i. Perkenalan
ii. Penjelasan tentang prosedur kegiatan satu semester
iii.Penjelasan awal tentang isu kritis dalam pendidikan dan literatur minimal yang perl dibaca
iv.Brainstroming tentang isu kritis dalam jadwal pendidikan
v. KLasifikasi dan pembagian tugas serta jadwal presentasi
b.Pertemuan selanjutnya
Berdasarkan pembagian tugas pada 3.a
4.Daftar Bacaan
  • Friedman, T.L.Longitudes and Attitudes. New York : Anchor Books,2003
  • Friedman, T.L. The Lexus and The Olive Tree. New York: Farrar, Straus and Giroux, 1999
  • Fullan, M. The New Meaning of EDUCATION Change. New York: Teachers College Press, 2007
  • Kouzes, J.M. and Posner B.Z Leadership Challenge. San Francisco: Jossey Bass, 2002
  • Li Lanqing. Education for 1.3Billion. Beijing: Foreign Language Teaching and Research press, 2005
  • semua dokumentasi yang diperlukan (buku,tulisan, statistik, opini, kebijaksanaan) tentang pendidikan nasional yang diperlukanutuk melaksanakan tugas 2.a.iii dan 2.a.iv., baik ditulis pribadi, pemerintah maupun lembaga donor (mis. World Bank, USAID, UNESCO)
  • Stiglitz, J. Making Globalization Work. London: Penguin Books Ltd., 2006

Tidak ada komentar: